Wednesday, March 03, 2010

Linux : Cara Compiling C++

Dalam tulisan kali ini saya akan membahas tentang cara compiling pemrograman C++ pada Linux. Dalam hal ini kita perlu memiliki compiler C++ terlebih dahulu, compiler pada Linux adalah "g++". Untuk mendapatnya kita perlu untuk terlebih dahulu meng-install-nya dengan cara mengetikan perintah dibawah ini pada CLI linux,

    sudo apt-get install g++
   
Setelah ter-install, maka sekarang saya akan menjelaskan cara compiling dengan Kronologis yang saya hadapi ketika akan melakukan proses ini.

Kronologis

Disini saya mempunyai coding c++ dengan nama "rata.cpp" pada folder /media/DATA/c++, selanjutnya buka terminal linux lalu ketikan perintah



    sudo su
   
agar saya mendapatkan akses sebagai root dengan terlebih dahulu memasukan password. Selanjutnya saya masuk kedalam folder dimana tempat coding c++ tadi berada dengan mengetikan perintah,

    cd /media/DATA/c++

Sekarang saya berada pada folder yang dituju, selanjutnya saya mengetikan perintah

    g++ -Wall -o "rata" "rata.cpp"
   
perintah diatas artinya adalah ketika akan men-compile rata.cpp, compiler akan menjadikan coding sebagai file yang bisa di execute. File yang bisa dieksekusi tersebut saya beri nama "rata", sehingga ketika akan menjalankan program yang telah dibuat, saya hanya perlu memanggil dengan mengetikan

    ./rata
   
Sekian penjelasan saya tentang cara compile c++ pada linux ini, semoga tulisan ini bisa membantu anda yang sedang belajar pemrograman khususnya c++ di OS Linux. Sekian Terima Kasih.

Referensi :
    - Pengalaman Pribadi

No comments:

Post a Comment