Tuesday, December 15, 2009

PENGALAMAN UPGRADE BIOS

Sebenarnya saya hanya ingin berbagi pengalaman saya tentang upgrading bios yang saya lakukan terhadap laptop Compaq CQ40-538TU. Ada yang bilang bahwa "upgrading bios itu beresiko mainboard kita mati total", sebenarnya pernyataan itu cukup masuk akal karena jika kita salah atau terkena kejadian yang membuat PC/Laptop kita nge-hang atau mati saat melakukan upgrade bios maka resiko tersebut yang akan terjadi.
Pada awalnya saya merasa merinding ketika akan melakukan hal ini, tetapi dengan modal keberanian dan rasa ingin belajar yang tinggi, maka saya tetap melakukan hal ini (padahal waktu itu laptop masih berumur 1 minggu saya beli, hehehe). Sebelum saya melakukan upgrade bios ini banyak hal yang perlu saya perhatikan ketika itu, mulai dari mencari tahu versi bios terbaru yang tersedia hingga kecocokan ID bios yang lama dengan yang terbaru (jika tidak sesuai, kemungkinan PC/Laptop akan mati total walaupun proses telah 100% selesai).
Pengalaman upgrade bios ini baru pertama kali saya lakukan tetapi dahulu saya pernah mencoba-coba meng-upgrade firmware Mp3 Player saya dan hasilnya “MATI TOTAL” karena firmware yang saya pakai tidak cocok (maklum dahulu masih menganut paham “trial and error”, hehehe). Sungguh pengalaman yang tak mengenakan, tapi apa mau dikata “nasi sudah menjadi bubur” ya sudah telan saja (hehehe :-D).
Sekarang saya akan menceritakan kronologi bagaimana upgrade terhadap laptop CQ40-538TU ini,
  • hal utama yang harus diperhatikan adalah kecocokan antara mainboard dan file bios yang anda miliki.
  • yakinkan bahwa file bios terbaru anda tidak mengalami corrupt file.
  • jika anda ingin meng-upgrade bios untuk PC maka anda harus yakin bahwa listrik dirumah anda tidak akan terjadi mati listrik sewaktu proses (walaupun upgrade bios dilakukan selama < 3 menit tetapi anda harus siap dengan resiko yang terjadi). Karena saya akan meng-upgrade bios laptop maka saya hanya perlu memasangkan batre laptop dan tetap menggunakan listrik agar jika terjadi mati listrik saat proses maka otomatis laptop tidak akan mati.
  • siapkan alat perang saat akan melakukan proses upgrade, mulai dari file bios, disket (jika dilakukan underdos) dan tissue (ini diperlukan jika upgrade gagal dan anda menangis karena perangkat anda MATI TOTAL, hahaha :-P)
  • berdoalah semoga semua berhasil.
Apa sih yang kita dapatkan jika upgrade ini sukses? Tentu adalah fitur bios yang lebih komplit, dukungan hardware yang lebih banyak dan tentunya kepuasan yang tak dapat dilukiskan (karena resiko yang begitu menakutkan telah kita lewati dengan baik).
Jadi sekali lagi saya tekankan, jika anda ingin melakukan upgrade terhadap bios anda maka anda harus menggali lebih dalam mengenai perangkat dukungannya, anda bisa membaca di situs merek mainboard yang anda miliki. Semoga pengalaman ini bisa membuat anda menjadi lebih hati-hati.

Referensi :    - Pengalaman pribadi

No comments:

Post a Comment